Rabu, 20 Januari 2021

Kepemimpinan Dalam Organisasi

 Kepemimpinan Dalam Organisasi


Definasi Kepemimpinan 

       Kepemimpinan (Leadership) adalah kemampuan mempengaruhi orang-orang untuk mencapai tujuan organisasional.


Kepemimpinan vs Manajemen

       Manajemen dan kepemimpinan merupakan hal yang penting bagi sebuah organisasi.

       Manajer yang efektif harus menjadi pemimpin karena ada karakteristik-karakteristik khusus yang berkaitan dengan manajemen dan kepemimpinan yang memberikan kekuatan barbeda bagi organisasi.


Perbedaan Utama Karakteristik Manajer dan Pemimpin 

        Perbedaan utama antara karakteristik manajer dan pemimpin berkaitan dengan sumber wewenang (wewenang) dan tingkat pemenuhan yang ditimbulkan diantara para pengikutnya.

       Kekuasaan : 

       Kekuasaan adalah kemampuan yang berpotensi untuk mempengaruhi perilaku orang lain.

        Kekuasaan manajemen, datang dari posisi individu dalam sebuah organisasi.

        Kekuasaan kepemimpinan, datang dari sumber-sumber pribadi yang tidak diinvestasikan dalam organisasi.


Karakteristik Pemimpin dan Manajer

Karakteristik Pemimpin : 

✓Jiwa

✓ Visioner 

✓ Kreatif

✓ Fleksibel

✓ Penuh inspirasi

✓ Inovatif 

✓ Berani

✓ Imajinatif

✓ Suka mencoba

✓ Mencetus perubahan

✓ Kekuasaan pribadi


Karakteristik Manajer : 

✓ Pikiran

✓ Rasional

✓ Berkonsultasi

✓ Menyelesaikan masalah

✓ Berwatak keras

✓ Analitikal

✓ Terstruktur 

✓ Tenang 

✓ Berkuasa 

✓ Menatabilisasi 

✓ Kekuasaan posisi


Sumber Kekuasaan 

       Dalam organisasi terdapat 5 sumber kekuasaan : 

• Kekuasaan yang sah

• Kekuasaan penghargaan

• Kekuasaan kohersif

• Kekuasaan ahli 

• Kekuasaan pengacu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Laporan dan video promosi MS by Kyrafi

 Adapun laporan produk kami yaitu sebagai berikut :  Laporan pembuatan produk sajadah MS by Kyrafi Adapun video promosi produk kami yaitu se...