Kepemimpinan Dalam Organisasi
Definasi Kepemimpinan
Kepemimpinan (Leadership) adalah kemampuan mempengaruhi orang-orang untuk mencapai tujuan organisasional.
Kepemimpinan vs Manajemen
Manajemen dan kepemimpinan merupakan hal yang penting bagi sebuah organisasi.
Manajer yang efektif harus menjadi pemimpin karena ada karakteristik-karakteristik khusus yang berkaitan dengan manajemen dan kepemimpinan yang memberikan kekuatan barbeda bagi organisasi.
Perbedaan Utama Karakteristik Manajer dan Pemimpin
Perbedaan utama antara karakteristik manajer dan pemimpin berkaitan dengan sumber wewenang (wewenang) dan tingkat pemenuhan yang ditimbulkan diantara para pengikutnya.
Kekuasaan :
Kekuasaan adalah kemampuan yang berpotensi untuk mempengaruhi perilaku orang lain.
Kekuasaan manajemen, datang dari posisi individu dalam sebuah organisasi.
Kekuasaan kepemimpinan, datang dari sumber-sumber pribadi yang tidak diinvestasikan dalam organisasi.
Karakteristik Pemimpin dan Manajer
Karakteristik Pemimpin :
✓Jiwa
✓ Visioner
✓ Kreatif
✓ Fleksibel
✓ Penuh inspirasi
✓ Inovatif
✓ Berani
✓ Imajinatif
✓ Suka mencoba
✓ Mencetus perubahan
✓ Kekuasaan pribadi
Karakteristik Manajer :
✓ Pikiran
✓ Rasional
✓ Berkonsultasi
✓ Menyelesaikan masalah
✓ Berwatak keras
✓ Analitikal
✓ Terstruktur
✓ Tenang
✓ Berkuasa
✓ Menatabilisasi
✓ Kekuasaan posisi
Sumber Kekuasaan
Dalam organisasi terdapat 5 sumber kekuasaan :
• Kekuasaan yang sah
• Kekuasaan penghargaan
• Kekuasaan kohersif
• Kekuasaan ahli
• Kekuasaan pengacu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar