1. Optimalisasi Blog oleh bu Sri Kuswati, S.Si. M.Kom (Tanpa motivasi, Bisnis itu Mati)
Media Sosial
Media sosial adalah media online dimana pengguna bisa melakukan interaksi, menciptakan isi dan berbagi. Contoh media sosial media : Blog, Ig, YouTube, dll.
Blog vs Web
weBlog atau blog adalah jurnal online yang berisi informasi berupa opini, pengalaman atau aktivitas pemilik blog.
Website berisi sejumlah laman online yang dapat dikelola oleh individu, perusahaan, instansi pemerintah atau komunitas.
Optimalisasi Blog
Upaya yang dilakukan oleh pemilik agar blog yang dimilikinya tidak saja memberi manfaat bagi pribadi namun juga dirasakan oleh pembaca blog.
Content is King
Content is king atau konten adalah raja menjadi bagian yang sangat penting saat kita akan melakukan optimalisasi blog.
Bagaimana cara menciptakan konten yang baik?
karya orisinil
Tema banyak dicari pembaca
Update konten berkala
Tips mudah menghasilkan konten yang berkualitas dan unik
Buat bank ide
Pilih satu ide yang paling dikuasai
Baca sedikitnya 5 konten sejenis
Buat kerangka konten
Tulis konten tanpa jeda dengan Batasan waktu yang ditentukan
Baca ulang
upload
Komunitas Blogger Mahasiswa STIE STEMBI
Agar konsisten dan tercipta traffic atau kunjungan ke blog yang kita miliki maka buatlah komunitas blogger di kalangan mahasiswa.
Pemilik blog saling melakukan kunjungan atau blog walking selain itu lakukan share link blog di berbagai media sosial.
Konten blog dapat diperuntukkan untuk membantu sosialisasi dan promosi serta reportase kegiatan kampus.
Blog itu lebih personal
Blog untuk media curhat pada awalnya namun bisa ioptimalisasikan dengan konten konten yang menarik. Konten reportase contohnya konten webinar hari ini. Blog lebih dominan di artikel. Blog jangan copas. Update konten secara berkala. Kampus yang punya branding. Modal nya kuota dan kemauan untuk membaca. Tanpa inovasi, bisnis itu mati. Komunitas blogger (blog walking), bisa digunakan untuk sosialisasi kegiatan.. blog ada algoritmanya.
2. Optimalisasi oleh pak Adi Saputra S.H. M.Pd (tidak ada Kesuksesan tanpa “Konsistensi”)
Menjadi individu yang mandiri karena ada era revolusi teknologi digital, hingga ssudah bisa menunjang kebutuhannya. Banyak mahasiswa yang sudah mapan itu dikarenakan mahasiswa ini memiliki lompatan aktivitas pada umumnya.era teknologi ini ditandai dengan di tinggalankan nya era konvensional.
Data
BPS mencatat data jumlah penduduk Indonesia hingga September 2020 sebanyak 270,2 juta jiwa
APJII jumlah pengguna internet di Indonesia hingga kuartal II/2020 mencapai 196,7 juta atau 73,7 persen dari populasi.
Menurut Hootsuite (situs layanan manajemn konten yang menyediakan layanan media daring yang terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial)
Pengguna YouTube di Indonesia sebanyak 88% dari jumlah populasi
Pengguna Whatsapp di Indonesia sebanyak 84% dari jumlah populasi
Pengguna Facebook di Indonesia sebanyak 82% dari jumlah populasi
Pengguna Instagram di Indonesia sebanyak 79% dari jumlah populasi
Langkah Strategis
Riset Produk & Riset Pasar
Untuk menentukan keyword
Untuk pemilihan nama akun, took, web, dll.
Untuk melihat sejauh mana kekuatan dan pesaing.
Untuk mengetahui trends lokasi pencari produk/keyword
Menentukan grup, dll
Riset menggunakan Google Trends
Buka Google.co.id ketik di mesin pencari Google Trends
Kemudian pilih : Google Trends
Langkah :
1. memasukkan kata kunci (Misal : mukena)
2. Pilih bahasa Indonesia
3. Pilih 12 bulan terakhir
Urgensi :
1. Mengetahui dari daerah/lokasi/kota mana sajakah yang mencari produk kita
2. Memudahkan untuk mengarahkan pemasangan iklan dan cari teman, dll.
Strategi Marketing Tertarget
Membuat flyer/Brosur
Membuat katalog produk
Membuat video promosi
Membuat konten testimoni
Iklan Berbayar/Ads
Dalam satu pecan usahakan admin melakukan iklan berbayar/ads pada media (FB,Google Ads/Marketplace)
Jadwal iklan Ads yang baik antara Senin/Kamis
Menambah Pertemanan/ Follower & Optimasi
Dalam satu hari ajukan pertemanan 30-50
Jadwalkan mengajukan pertemanan 08.00-11.00
Terima/add pengajuan akun lain yang mengajukan pertemanan, lihat dulu kaeaslian akun nya, akun palsu tolak.
Masuk pada berbagai Grup yang relevan.
Like halaman yang memiliki banyak follower/like
Dalam satu hari follow 20-30
JAdwal follow 08.00-11.00
Jadwal unfollow setiap harinya pukul 05.00-07.00
Follow akun yang relevan dan follower yang banyak di atas 3 ribu
Pada akun yang memiliki banyak follower sering melakukan like dan konten
Cantumkan hastag pada caption, yang relevan, kisaran 10-20 hastag
Pencarian hastag bantu dengan : deksgram.com
WA Bisnis
Membuat konten Bc yang membuat virtual dan menghubungi kita
Bergabung dengan berbagai grup yang relevan, kemudian aktif konten dan sering mengapresiasi suatu postingan.
Mnggunakan WA sender untuk meng Creat sebanyak mungkin no kontak WA di Internet.
Jadwal share BC adalah 2x dalam satu minggu (baiknya setiap hari senin dan kamis) pkl. 08.00-10.00
Membuat katalog produk menampilkan foto produk yang menarik serta melengkapi semua profil secara baik.
YouTube
Buat channel YouTube khusus kepentingan dimaksud
Jadwal Upload yang konsisten
Monetisasi channel youtube
Gunakan fitur AdSense/Coba pasang iklan di YouTube
Manfaatkan YouTube Analytics
Buat video yang ramah untuk penonton
Pilih beberapa formst video,
Bekerjasama dengan influencer
Pahami CPM dan RPM
Tips Menaikkan SEO YouTube
Klik video > Ambil link YouTube nya Copy
Buka google > Ketik search console > paste link tadi > klik bukan robot > kirim pertmintaan
Buka link username.org > paste link tadi > pilih top 20 > klik submit